blogkombecks
Sedang memuat...

Akun Twitter Resmi PSSI Asli vs Palsu Serupa Tapi Tak Sama

Sebanyak 21 ribu lebih tweeps (pengguna twitter) gagal membedakan akun twitter asli PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Sementara yang bisa membedakan hanya mendekati 3 ribu. Sebuah ketimpangan yang sangat jauh.

Menurut anda mana yang asli antara akun @PSSI__FAI atau @PSSl__FAI ? ini serupa tapi tak sama. Pada tampilan web, ketika kita membuka halaman profil kedua akun ini kita akan melihat ada nama pengguna (username) dibawah foto profil.

Kami kurang tahu apa jenis atau nama huruf (font) yang digunakan oleh twitter tapi yang jelas huruf tersebut tidak bisa membedakan antara huruf L kecil dengan huruf i besar. Sehingga keduanya terlihat sama pada tampilan twitter, namun sesungguhnya berbeda.

Perhatikan gambar dibawah ini:


Coba perhatikan baik-baik pada nama pengguna di bawah foto profil, terlihat sama bukan? namun sesungguhnya berbeda. Untuk melihat perbedaannya digambar di atas juga sudah ada screen shoot address bar atau kolom alamat url browser. Dari Address bar ini kita bisa melihat dua akun ini berbeda.

Akun palsu (lihat gambar: pengikut yang lebih banyak) menggunakan nama pengguna @PSSl__FAI. Jika semua huruf dalam nama pengguna ini dijadikan huruf besar maka akan menjadi @PSSL__FAI karena huruf i terakhir pada PSSl adalah L kecil, bukan i besar.

Sementara akun asli (lihat gambar: pengikut lebih sedikit) menggunakan  @PSSI__FAI dimana hurufnya sudah besar semua dan juga bisa diakses menggunakan huruf kecil semua @pssi__fai .

Pada username twitter tidak masalah huruf besar atau kecil, asal huruf dan kombinasinya benar maka akan menuju ke akun sesungguhnya. Untuk nama pengguna yang ditampilkan memang tergantung pada apa yang kita ketik dipengaturan akun. Jika kita memasukan nama pengguna huruf kecil maka akan ditampilkan dalam huruf kecil, begitu juga sebaliknya. Jika kombinasi huruf kecil dan besar maka akan ditampilkan juga demikian.

Sudah jelas bukan, mana akun yang asli dan mana yang palsu? Agar tidak dikelabui lagi dengan huruf besar/kecil maka ketik saja nama penggunanya dalam huruf kecil semua. Misal untuk akun PSSI adalah @pssi__fai atau akun @KOMBECKS akses saja dari @kombecks.

Sebenarnya masalah akun kloningan atau palsu ini tidak perlu terjadi untuk organisasi sebesar PSSI jika orang IT PSSI mau mengajukan verifikasi kepada twitter. Setelah diverifikasi twitter akan memberikan tanda terverifikasi (verified) di akun tersebut.

Lihat saja akun twitter pesepakbola ternama dunia, akun mereka yang asli selalu ditandai dengan terverifikasi, selain itu sudah jelas adalah palsu. Untuk Indonesia sudah ada artis yang mendapat status terverifikasi ini, misalnya akun Agnes Mo (Agnes Monica).

Sangat disayangkan jika ternyata pengikut akun palsu jauh lebih banyak mencapai 21,6 ribu bahkan tak sebanding dengan pengikut akun asli yang hanya mendekati 3 ribu. Berkali-kali Waketum PSSI La Nyalla MM menganjurkan pengikutnya untuk melakukan RAS (Report as Spam) terhadap akun tersebut namun hingga kini masih eksis dan semakin bertambah pengikutnya.
Dari Redaksi 652159746313336922

Beranda item

ADS

Artikel Terbaru

ADS

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!

Ikuti Lewat Email

Ads

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!