blogkombecks
Sedang memuat...

Tim Lolos 8 besar dan Degradasi ISL 2014

KOMBECKS. Tim Lolos ke 8 besar dan Degradasi ISL 2014.  Liga Super Indonesia kini sudah hampir merampungkan babak grup. Dengan menyisakan beberapa laga sudah terlihat klub mana saja yang akan melaju ke babak 8 besar dan yang akan turun kasta musim depan.

Untuk ISL Grup 1 masing-masing tim tinggal menjalani satu laga lagi kecuali Semen Padang yang telah menjalani 20 laga. Sementara itu grup timur tinggal menyisakan 4 hingga 1 laga kecuali Persiram yang sudah 20 laga.

Berikut adalah 8 tim yang berhak melaju ke 8 besar :

1. Arema Cronus
Inilah tim yang memang sejak awal diprediksi akan melenggang mudah kebabak 8 besar, bahkan kandidat terkuat juara ISL musim ini. Berbekal 3 pemain asing dan 2 pemain naturalisasi Arema nyaris tak terbendung di ISL.  Dari 19 laga yang sudah dijalani Arema menang 13 kali, paling banyak di ISL bersama Persebaya.

Sisanya adalah imbang 4 kali, 2 di laga kandang dan 2 laga tandang. Sementara itu Arema juga paling sedikit kalah di grup 1, hanya dua laga. Satu laga kalah dari Semen Padang 1-2 di kandang sendiri dan kalah tandang dari Persib Bandung 3-2.

Dengan 43 poin, sudah tidak mungkin bagi klub lain untuk menggoyahkan peringkat Arema sebagai juara grup 1 ISL.
 
2.  Persib Bandung
Persib Bandung juga merupakan kandidat kuat untuk lolos ke 8 besar. Bermodal pemain bintang timnas Persib digadang-gadang menjadi pesaing utama Arema di wilayah barat.  Saat ini Persib menempati peringkat ketiga klasemen dengan 38 poin hasil dari 11 menang, 5 imbang, dan 3 kalah. Poin Persib sama dengan Semen Padang, namun Semen Padang unggul head-to-head.

Persib masih menyisakan 1 laga sisa menghadapi Sriwijaya FC. Tambahan minimal 1 poin saja sudah cukup bagi Persib untuk menempati peringkat 2 klasemen yang kini masih menjadi milik Semen Padang.

3. Semen Padang
Tak banyak yang menduga jika Semen Padang akan lolos ke babak 8 besar. Dilabeli tim tarkam eks-IPL Semen Padang tampil terseok-seok diawal musim. Menurunnya menampilan Semen Padang akibat ditinggal sejumlah pemain andalan mereka.

Bahkan musim pertama Semen Padang harus menderita kekalahan 2 kali masing-masing 0-1 dari Persita dan Arema.  Rekor yang sudah 5 tahun dijaga tim berjuluk Kabau Sirah itu. Namun pembenahan menjelang putaran kedua membuahkan hasil. Semen Padang kembali menampilkan permainan terbaiknya.

Total semen padang meraih 11 kemenangan, 5 imbang, dan 4 kalah musim ini dengan poin akhir 38. Sebenarnya Semen Padang berpeluang mengunci peringkat kedua jika saja tidak bermain aman pada 2 laga sisa kontra Persija dan Barito Putera.

Sejumlah catatan manis diraih Semen Padang musim ini. Semen Padang berhasil membalas kekalahan kandang atas Arema dengan menang 2-1 di Kanjuruhan. Tak hanya itu Semen Padang juga menang di kandang Persib dengan skor yang sama.

4. Pelita Bandung Raya
Pelita Bandung Raya akhirnya memastikan satu tiket ke 8 besar setelah menang secara meyakinkan 3-1 atas tuan rumah Persita Tangerang pada pertandingan terakhir mereka di Stadion Singaperbangsa, Karawang.

5. Persebaya Surabaya
Meski mendapat potongan 3 poin, Persebaya masih kokoh dipuncak klasemen grup2 dengan 39 poin hasil 13 menang, 3 imbang, dan 2 kalah.  Persebaya unggul 5 poin dari pesaing terdekatnya Mitra Kukar dengan sama-sama menyisakan 2 laga.

6.  Persipura Jayapura
Persipura adalah tim paling banyak bertanding pada musim ini, karena Persipura selain juga bermain di ISL tim berjuluk Mutiara Hitam ini juga terus melaju di AFC CUP. Meski gagal menjadi juara grup, namun Persipura berhasil mengakhiri babak grup diperingkat kedua.

Membagi tenaga pada dua kompetisi memang sangat melelahkan namun Persipura mampu menunjukan konsistensinya sebagai salah satu tim terbaik di Indonesia. Persipura satu-satunya klub yang belum menderita kekalahan di ISL musim ini. Dengan poin 33 hasil dari 8 menang dan 9 imbang saat ini Persipura menempati peringkat ketiga grup 2.

Namun tentu saja Persipura bisa mengakhiri kompetisi pada peringkat yang lebih baik karena masih memiliki 1 laga sisa lebih banyak dari klub diatasnya. Bukan tidak mungkin Persipura akan juara ISL musim ini, terlebih Persipura sedang dalam puncak usai lolos ke semifinal AFC Cup setelah menghantam juara bertahan Kuwait SC dengan agregat 8-4.
 
7 Mitra Kukar
Sempat beberapa pekan menjadi pemuncak klasemen Mitra Kukar akhirnya harus digusur Persebaya. Dengan 34 poin Mitra Kukar bisa saja kembali memuncaki klasemen dengan syarat mereka mampu memaksimalkan dua laga sisa sambil berharap Persebaya tergelincir.

8. Persela Lamongan
Berebut satu tiket 8 besar tersisa bersama Persiba Balikpapan, PSM Makassar, Persepam, dan Putra Samarinda, Persela Akhirnya memastikan lolos walau kalah 1-3 di kandang sendiri atas Perseru.

Persela diuntungkan dari hasil kekalahan 2-1 PSM dari Mitra Kukar dan kekalahan Persiba Balikpapan 3-2 dari Persiba Bantul.

Sementara itu tim yang dipastikan degradasi adalah:
1. Persita Tangerang
2. Persijap Jepara
3. Persiba Bantul
4. Persepam Madura United
ISL 2014 1635697725409097703

Beranda item