blogkombecks
Sedang memuat...

Sejumlah Aksi Acungkan Jari Tengah dalam Sepakbola

KOMBECKS. Sejumlah Aksi Acungkan Jari Tengah dalam Sepakbola. 15 Aksi acungkan jari tengah dalam dunia sepakbola. Aksi ini melibatkan pemain, pelatih, wasit, dan suporter.

Belakangan ini publik sepakbola Indonesia dihebohkan oleh aksi tidak terpuji kiper Arema Cronous Kurnia Meiga Hermansyah yang juga merupakan kiper timnas Indonesia.

Acungan cari tengah ini berarti tidak sopan dan sangat menyinggung orang yang dituju. Di Liga Inggris aksi ini dikenal dengan gestur ofensif atau gerakan tubuh yang menyerang.

Ternyata, Kurnia Meiga bukan satu-satunya pemain yang pernah mengacungkan jari tengah kepada penonton. Ada banyak nama yang muncul, tentunya juga diikuti oleh sanksi yang mereka terima karena aksi provokasi ini sama sekali tidak dibenarkan di sepakbola. Aksi ini juga melihatkan pelatih, wasit, dan suporter.

Siapa saja insan seakbola yang pernah terlibat tindak tidak terpuji ini? Simak rangkumannya:
Untuk melihat foto kejadian silahkan buka link ini kami tidak menyimpan dihalaman ini karena banyaknya foto dan dapat memberatkan loading halaman ini.

1. Kurnia Meiga Hermansyah (Arema)
Kita mulai dari dalam negeri dulu. Kurnia Meiga ini melakukan aksi tidak terpuji ini ketika laga antara Semen Padang menghadapi Arema pada tanggal 29 April 2014 di Stadion GOR. H. Agus Salim, Padang. Tak tanggung-tanggung jari tengah Kurnia Meiga menyasar tribun VIP yang terdapat pejabat daerah dan petinggi TNI.

Tak hanya itu sejumlah aksi lain seperti gerakan menantang, mencibir, dan menendang bola kearah fans Semen Padang FC. Akibat tindakan tidak terpuji ini Kurnia Meiga dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin PSSI larangan bertanding sebanyak 2 kali dan membayar denda Rp. 50jt.

2. Jack Wilshere (Arsenal)
Berdasarkan pernyataan FA aksi ini sebenarnya luput dari perhatian official tim lawan. Namun rekaman pertandigan membuktikan bahwa Wilshere telah melakukan aksi tidak terpuji terhadap fans Manchester City.

Aksi ini terjadi 14 Desember 2013 ketika Arsenal bertandan ke Etihad Stadium untuk menghadapi tuan rumah Manchester City.  Pertandingan ini sendiri berakhir dengan kekalahan 6-3 The Gunners. Akibat aksi ini Wilshere disanksi larangan tampil dalam dua pertandingan.

3. Delio Rossi (Sampdoria)
Tak hanya terjadi di Liga Indonesia dan Liga Inggris saja ternyata. Aksi ini juga terjadi di Liga Italia saat pertandingan antara Sampdoria menghadapi As Roma pada 10 Februari 2013 yang berakhir 3-1 untuk tuan rumah . Namun yang melakukan aksi ini bukan pemain melainkan pelatih !

Aksi ini terjadi pada injury time. Delio Rossi mengacungkan jari tengah ke pemain belakang AS Roma Nicolas Burdisso.  Akibat aksi ini Rossi dijatuhi skorsing sebanyak dua pertandingan.

4. Wilfried Zaha ( Manchester United / Crystal Palace)
Striker baru Manchester United yang dipinjamkan ke Crystal Palace ini berulah ketika laga antara Crystal Palace dan Leeds, Sabtu, 9 Maret 2013 di Divisi Championship.

Zaha menjadi bahan cemoohan fans Leeds United. Sebagaimana diketahui, Leeds merupakan seteru United, klub yang akan dibela Zaha mulai musim depan. Merasa gerah, Zaha pun kemudian mengacungkan jari tengahnya. Belakangan Zaha diketahui minta maaf kepada fans Leeds United lewat akun twitternya.

Aksi ini akhirnya sampai ketangan FA. Zaha didakwa karena melakukan tindakan tidak pantas. Zaha diduga mengacungkan jari tengah kepada para penggemar Leeds United. Namun tidak diketahui apa sanksi yang diterima Zaha akibat ulahnya.

5. Suporter (Panathinaikos)
Nah jika diatas adalah pemain dan pelatih, kali ini melibatkan suporter. Disaat pertandingan sedang berlangsung salah seorang suporter berhasil masuk kelapangan. Dia mengacungkan jari tengah kepada bintang Barcelona Lionel Messi.

Aksi ini tentu saja tidak dibiarkan oleh pihak keamanan. Dalam sekejap penyusup ini berhasil diringkus. Pertadingan ini berkahir dengan skor 0-3 untuk kemenangan tim tamu.

6. Gary Neville (Manchester United)
Aksi ini terjadi ketika derby panas antara Manchester City menghadapi Manchester United di Piala Liga 2010.

Teves yang menyeberang dari Manchester United ke Manchester City semakin memanaskan derby ini. Tevez membobol gawang United dan melakukan selebrasi yang provokatif ke arah bangku cadangan United. Gary Neville yang langsung bangkit dan memberikan isyarat jari tengah kepada Tevez.

7.  Cristiano Ronaldo (Portugal / Manchester United)
Bertandang ke Bosnia dalam play-off Piala Eropa 2012, Cristiano Ronaldo mendapat teror dari pendukung tuan rumah.  Suporter Bosnia mengintimidasi Ronaldo dengan meneriakkan nama rival terberatnya, Lionel Messi, dan menyorotkan laser ke wajah pemain asal Portugal ini.

Kesal dengan tindakan suporter, Ronaldo menjawab ulah tersebut dengan sebuah acungan jari tengah.  Sebelumnya, saat masih memperkuat Manchester United pemain yang dipanggil CR7 juga sempat terlibat insiden serupa dengan suporter Benfica.

8. David Beckham (Inggris)
David Beckham mendapatkan cacian bertubi-tubi dari fans Inggris yang hadir di stadion setelah menyaksikan kekalahan 2-3 The Three Lions atas Portugal.

Para fans kabarnya meneriakkan hinaan yang bernada melecehkan terhadap salah satu dari putra Beckham. Merasa tingkah laku suporter sudah di luar batas, Beckham tanpa ragu mengacungkan jari tengahnya ke arah tribun.

9. Luiz Suarez
Kecewa dengan kekalahan yang dialami timnya atas tuan rumah Fulham pada Desember 2011 lalu, Luis Suarez tertangkap kamera mengacungkan jari tengah ke arah suporter yang hadir di Craven Cottage.

Aksi ini sontak menjadi buah bibir karena disaat bersamaan Suarez juga terasangkut kasusnya dengan Patrice Evra.

10. Ronaldo (Corinthians)
Aksi ini terjadi saat Ronaldo bermain untuk Corinthians pada tahun 2010 lalu, namun terjadi diluar lapangan.

Ronaldo yang tampil buruk saat timnya dikalahkan Sao Paulo didatangi sekelompok suporter yang menyuarakan kritik kepadanya. Ronaldo tampak tidak senang dengan kritikan tersebut merespon dengan mengacungkan jari tengah kepada para fans tersebut.

11. Fabio Capello (Real Madrid)
Kembali dari palatih nih KOMBECKS. Usai mengantarkan Real Madrid meraih kemenangan 1-0 atas Real Zaragoza di tahun 2007 lalu, Capello mengacungkan jari tengahnya ke arah tribun yang dihuni oleh suporter Madrid.

Setelah diusut ternyata Capello mengirimkan gestur ofensif tersebut terhadap dua orang fans yang selalu mengkritiknya. Capello menyatakan bahwa dua fans tersebut sudah mulai menghinanya sejak periode pertama dirinya menangani Madrid pada musim 1996-97.

12. Alexander Buttner & Shinji Kagawa (Manchester United)
Nah, kalo ini lebih unik. Jika pemain atau pelatih lain melakukannya di dalam lapangan dan ditujukan kepada seseorang, namun dua pemain Machester United ini melakukannya di locker-room dan melakukannya sambil bernarsis ria.

Melalui jejaring sosial miliknya, Buttner berpose bersama Kagawa menunjukkan gestur jari tengah ke arah kamera. Foto ini diambil usai Manchester United menang 4-0 atas Wigan Athletic September 2012 .

13. Rafael Benitez ( Chelsea).
Berkali-kali mengejek Chelsea ketika melatih Liverpool membuat fans Chelsea klub yang saat itu dia latih menjadi tidak senang.

Benitez kedapatan tengah mengacungkan jari tengahnya di tengah laga. Sejumlah media menyatakan bahwa gestur tersebut ditujukan kepada suporter yang membentangkan banner 'Rafa Out' di Craven Cottage, namun sejumlah media lainnya membantah dan menyatakan bahwa isyarat tersebut hanyalah kebetulan yang dipengaruhi sudut dan waktu pengambilan kamera.

Kejadian ini terjadi pada pertandingan antara Chelsea menghadapi Fulham yang berakhir dengan skor 0-0.

14. Stefan Effenberg (Jerman)
Stefan Effenberg merupakan pemain andalan Timnas Jerman di Piala Dunia 1994. Namun Stefan Effenberg melakukan hal yang tidak pantas dengan mengacungkan jari tengah ke arah suporter sendiri saat dirinya ditarik keluar dalam laga kontra Korea Selatan. Usai unggul 3-0 Jerman harus bersusah payah mempertahankan skor 3-2.

Akibat aksinya ini Stefan Effenberg dipulangkan lebih awal dan diasingka dari timnas selama 4 tahun.

15. Massimo Busacca  (Wasit asal Swiss)
Aksi wasit ini terjadi saat pemimpin pertandinganantara Young Boys melawan FC Baden di ajang Piala Swiss, Busacca kehilangan kesabaran atas intimidasi verbal yang dilakukan fans dan akhirnya mengirim gestur ofensif tersebut ke arah tribun

Massimo Busacca adalah wasit papan atas asal Swiss yang menjadi pemimpin laga final Piala UEFA 2006, semifinal Piala Eropa 2008, dan juga final Liga Champions 2009. Namun ternyata wasit elit Eropa ini akhirnya membuat bluder dengan mengeluarkan jari tengah pada pertandingan.
Football Inside 952426596914519316

Beranda item