blogkombecks
Sedang memuat...

Arema IPL : Berawal dari Cacian Hingga Menorehkan Sejarah

Kebencian terhadap klub tertentu dan juga saat itu di Indonesia IPL sangat dibenci oleh pendung ISL tidak ada gunanya. Lebih baik dukung selalu tim anda, dan jika ada tim lokal lain yang berlaga di ajang internasional semua juga harus ikut mendukung.

Ingat babak penyisihan grup AFC cup 2012? Saat itu Arema IPL dan Kelantan 1 grup. Berikut hasil pertandingan di babak penyisihan grup H :

Leg 1 : Kelantan 3-0 Arema IPL
Leg 2 : Arema IPL 1-3 Kelantan

Hasilnya sungguh terlalu.
Hasilnya memang sangat buruk, tapi kenapa kita tidak memberikan support padahal Arema juga membawa nama Indonesia di ajang internasional. Maka ramailah forum, grup, fanpage bernuansa ISL menebar kebencian terhadap IPL dan klub pesertanya, termasuk Arema IPL yang baru saja dibelasah oleh klub Malaysia yang konon katanya Liga Malaysia kualitasnya masih jauh dibawah Liga Indonesia.

Tapi akhirnya Arema IPL lolos hingga perempat-final. Kelantan lolos dengan 13 poin dan Arema dengan 7 poin.  Walaupun saat itu poin Arema sama dengan dua tim lainnya di grup, Selisih gol yang 0 membuat Arema melenggang ke 16 besar. Dua tim lainnya memiliki selisih gol minus.

Disinilah Arema Bangkit.

Bermain di Hong Kong menghadapi juara grup F Kitchee SC, Arema berhasil menang 2-0 dan melaju hingga babak 8 besar atau perempat-final.

Saat itu hanya ada 2 grup yang 2 timnya bisa lolos ke perempat final, grup H dan C (Al Ettifaq dan Al Kuwait).

Langkah Arema IPL harus terhenti.
Arema akhirnya gagal melaju lebih jauh kerana kalah agregat 0-4. Pada leg pertama di Indonesia, Arema kalh 0-2 dan di Arab Saudi kalah dengan skor yang sama. Penampilan Arema lebih baik dari ketika kalah agregat 6-1 dibabak penyisihan grup.

Tetap menorehkan sejarah
Dan hingga kini Arema IPL menjadi satu dari 3 tim Indonesia yang bisa lolos ke perempat-final AFC cup.
Pada 2011 tim yang lolos ke 8 besar adalah Persipura (ISL), 2012  Arema IPL (IPL), dan 2013 giliran Semen Padang yang lolos ke 8 besar.

Hingga saat ini, 8 besar adalah capaian tertinggi klub Indonesia di AFC Cup. Dari 3 tim itu 2 diantaranya dari liga yang dicacai maki sebagai liga tarkam (antar kampung), liga WO, dan berbagai macam cacian lainnya. Sementara liga terbaik di Indonesia (bahkan konon terbaik Asean) baru sekali mengirim tim nya ke 8 besar.

Walaupun Arema IPL kini sudah bubar akibat dibunuh sistem, tapi sejarah tetap akan menjadi sejarah. 

Pesannya adalah...
Jangan pernah meremehkan apapun yang bersebarangan dengan kita. Tetap respect dan dukung tim lokal kita dengan bijak .

Fakta Seputar Arema IPL  
  1. Arema IPL adalah Arema yang legal karena sejak main di ISL arema terdaftar dengan badan hukum bernama PT. Arema Indonesia.
  2. Hingga saat Arema Indonesia yang bermain di liga ilegal ISL (sekarang Arema Cronous) dibentuk surat pengeluaran atau pemecatan Arema IPL yang memilih bermain di IPL belum dikeluarkan oleh PSSI. Artinya sampai saat ini Arema IPL dengan PT. Arema Indonesia masih terdaftar sebagai klub anggota PSSI.
  3. Pendirian Arema Cronous sebagai Arema Indonesia saat itu tidak berdasar karena mendompleng nama klub yang sudah ada. Arema Cronous yang awalnya bernama Arema didirikan saat sudah ada klub lain bernama Arema.
  4. Tidak ada alasan bagi PSSI untuk menghukum Arema IPL karena sejak jaman ISL hingga IPL Arema  dibawah PT. Arema Indonesia selalu bermain di liga resmi yang diakui PSSI.
Dari Redaksi 7764771843725464551

Beranda item