blogkombecks
Sedang memuat...

Juara AFF U19 Benamkan Juara AFC U19

Juara AFF U19 Benamkan Juara AFC U19. Inilah sebuah kejutan terjadi di sepakbola usia muda benua Asia, Indonesia yang berstatus sebagai Juara AFF U19 2013 berhasil mengalahkan juara bertahan AFC U19 2012 Korea Selatan dengan skor 3-2 di Gelora Bung Karno, 12 September 2013 lalu.

Memang benar laga ini tidak adakan dua leg ataupun ditempat netral, namun melihat permainan yang ditampilkan oleh skuat Garuda Jaya membuat banyak pihak berdecak kagum. Bagaimana tidak, menghadapi juara bertahan dan pengoleksi 12 gelar AFC U19, Indonesia tampil cantik, taktis, dan penuh semangat.

Beberapa kali Indonesia berhasil mengolongin pemain Korea Selatan. Selain itu 3 gol Indonesia tercipta dari skema yang apik. Hebatnya lagi 3 gol Indonesia diborong oleh satu orang, sang kapten Evan Dimas.

Sebenarnya Indonesia bisa menang dengan selisih gol yang lebih baik andai saja lini belakang Indonesia bermain lebih. Tapi berapapun selisih golnya yang pasti ini aalah kemenangan.

Menghadapi Korea Selatan yang memiliki postur lebih tinggi dan punya speed yang hampir sama, Indonesia sama sekali tidak menunjukkan rasa grogi atau takut. Indonesia justru bermain lepas dan mendominasi jalannya pertandingan.

Hal ini tentu sinyal kebangkitan sepakbola Indonesia atau secara umum boleh dibilang kebangkitan sepakbola Asean di kancah Asia. Lihat saja setelah Buriram United klub asal Thailand melaju hingga perempat-final LCA. Begitu juga dengan Semen Padang FC yang mampu menmbus perempat-final AFC Cup 2013.

Di level timnas junior, Indonesia telah membuktikan diri bisa mengalahkan juara bertahan AFC U19. Indonesa lolos ke putaran final dengan status juara grup. Begitu juga Vietnam yang menjungkalkan Australia dengan skor 5-1.  Vietnam ini adalah lawan Indonesia di final AFF U19. Vietnam juga lolos ke putaran final AFC U19 dengan status juara grup.
Dari Redaksi 262134191374925088

Beranda item