blogkombecks
Sedang memuat...

Indonesia Pernah Juara AFC U19, Korea Selatan Ditahan Imbang

Indonesia Pernah Juara AFC U19, Korea Selatan Ditahan Imbang dan Jepang kalah. Di turnamen usia muda kita tidak perlu takut nama besar seperti Korea Selatan atau Jepang. Indonesia itu punya sejarah sudah pernah juara di AFC U19. Pada tahun 1961 Indonesia berhasil juara grup A mengangkangi Korea Selatan.

Korea Selatan adalah klub yang kini kita anggap lawan terberat. Kala itu dibawahnya lagi ada Vietnam dan Singapura. Jepang menjadi juru kunci grup A. Lawan Jepang, Indonesia menang 2-1 dan lawan Korsel imbang 2-2. Padahal kala itu Korsel sudah dua kali juara, bahkan hingga saat ini Korsel menjadi negara tersukses di AFC U19 dengan 12 gelar.

Di final Indonesia bertemu Myanmar, pertandingan ini berakhir 0-0 hingga extra-time. Indonesia dan Myanmar harus berbagi gelar karena saat itu tidak ada aturan adu pinalti. Sementara peringkat ketiga diraih oleh Thailand yang berhasil mengalahkan Korsel 2-1.

Dari 35 kali penyelanggaraan AFC U19 Indonesia 1 kali juara, 2 kali runner-up, 1 peringkat ketiga, dan 2 kali peringkat 4.

Negara yang belum pernah juara diantaranya adalah Jepang, Malaysia, Singapura, Australia, Qatar, Uzbekistan, Kuwait, Cina Taipei, Hong Kong, Vietnam, Jordania, dan Kazakhstan.

Myanmar menjadi klub kedua tersukses di AFC U19 dengan 7 gelar sekaligus tersukses diantara tim-tim wakil AFF. Yang menyedihkan itu Malaysia 4 kali jadi tuan rumah cuma juara "nyaris cup" 3 kali (2 kali sebagai tuan rumah), 1 kali peringkat ketiga, dan 1 peringkat 4.

Jadi Indonesia muda tidak perlu takut karena Korsel tidak akan mempertakut dan tidak akan mempersuram statusisasi timnas Indonesia sebagai tim muda yang punya potensi dalam konspirasi meraih juara.
Timnas Indonesia 2945608062030512471

Beranda item