blogkombecks
Sedang memuat...

Alasan Semen Padang Diperlakukan Istimewa pada Unifikasi Liga

Alasan Semen Padang Diperlakukan Istimewa pada Unifikasi Liga. Proses unifikasi liga akhirnya menemui titik terang. Melalui pertemuan antara PSSI, klub peserta IPL dan operator liga PT.LPIS Rabu 2 Oktober lalu menghasilkan Semen Padang mendapatkan wild card dan langsung lolos ke tahap verifikasi.

Sementara 10 klub lainnya yang keanggotaannya tidak bermasalah harus mengikuti play-off terlebih dahulu. Lima klub yang tidak masuk dalam unifikasi adalah Persebaya 1927, Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Persija LPI dan Persema Malang.

Sebelumnya PSSI menawarkan dua opsi terkait penyatuan liga ini. Opsi pertama adalah PSSI akan langsung memverifikasi 4 klub teratas di klasemen IPL. Opsi kedua adalah Semen Padang mendapatkan wild card sedangkan 10 klub lainnya akan dibagi kedalam 2 grup untuk melakukan play-off sehingga mendapatkan 3 terbaik masing-masing grupnya . Tujuh klub ini (termasuk SP) baru kemudian diverifikasi kembali dari berbagai aspek dan hanya 4 klub yang akan lolos.

Kenapa 2 opsi ini terlihat sangat mengistimewakan Semen Padang? Sebenarnya opsi pertama sama sekali tidak mengistimewakan SP karena memang kebetulan saja SP ada di empat besar. Nah ternyata sesuai kesepakatan PSSI, PT.LPIS, dan klub peserta IPL pada 2 Oktober opsi yang dipilih adalah yang kedua.

Semen Padang mendapatkan wild card langsung lolos tahap verifikas tanpa play-off seperti 10 klub lainnya. Tentu ini akan menimbulkan opini negatif Semen Padang mendapatkan perlakukan khusus dalam unifikasi liga.

Sekjen PSSI Djoko Driyono juga menyadari ini. "Pasti ada opini negatif di masyarakat. Tapi ini semua sudah didiskusikan dalam forum dengan klub-klub IPL dan mereka menyetujui adanya opsi kedua ini," ujarnya, Rabu (2/10) seperti dilansir ROL.

Menurut pendapat KOMBECS sebenarnya Semen Padang wajar mendapatkan perlakukan khusus ini. Alasanya adalah:

1. Legalitas Klub dan Bebas dari sanksi
Komitmen untuk tetap bermain di liga resmi secara tidak sadar telah menyelamatkan Semen Padang. Tetap dijalan resmi menyebabkan tidak ada alasan bagi PSSI untuk memberi sanksi (termasuk menghukum dan balas dendam) kepada Semen Padang walaupun berada pada kubu yang bersebarangan.

Inilah hal yang paling penting. Sangat berbeda dengan klub lain yang bermasalah legalitasnya dan sedang dalam sanksi tidak diperbolehkan ikut unifikasi liga. Klub yang sedang bermasalah tersebut adalah Persebaya 1927, Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Persija LPI dan Persema Malang. Nah Semen Padang 1 dari 11 tim IPL yang legalitasnya tidak bermasalah.

2. Semen Padang dulunya adalah peserta ISL
Sebelum pindah ke IPL, Semen Padang adalah salah satu peserta ISL 2010-2011. Berkomitmen tetap bermain diliga resmi (legal) memaksa Semen Padang harus hijrah ke IPL 2011-2012. IPL 2011-2012 adalah liga yang diakui oleh PSSI kala itu, juga diakui oleh AFF, AFC, dan FIFA. Nah musim kedua IPL (2013) akhirnya ditengah jalan IPL menjadi liga yang tidak diakui PSSI, namun masih diakui oleh AFF, AFC, dan FIFA.

Tidak pernah membangkang dan selalu dijalur resmi membuat Semen Padang masih memiliki satu slot di liga tertinggi di Indonesia terlepas dari apa nama liga tersebut yang penting status liganya legal.

Sangat berbeda dengan 10 klub yang harus mengikuti play-off.  Sepuluh klub yang harus play-off adalah kebanyakan klub promosi tahun 2011-2012 dan tahun 2013.

Dilansir ROL, Sekretaris Jendral PSSI Joko Driyono mengungkapkan, secara historis, Semen Padang dulunya klub peserta Indonesia Super League (ISL) sebelum akhirnya pindah ke Indonesia Premiere League (IPL). Atas alasan itu, Kabau Sirah dapat wild card.

3. Semen Padang adalah juara bertahan liga resmi
Kami rasa ini juga menjadi nilai lebih SP. Semen Padang adalah juara bertahan liga resmi tahun 2011-2012 yang bernama Liga Prima Indonesia.  Selain itu hingga saat ini IPL 2013 telah memasuki putaran kedua SP masih kokoh dipuncak klasemen setelah sebelumnya juara paruh musim. Semen Padang juga telah membela Indonesia di kancah Asia dengan melaju hingga babak perempat-final AFC Cup.

“Saya sebetulnya sempat mempertanyakan juga. Kalau melihat sisi historis, Persijap juga memilikinya. Tapi dalam pertemuan, ada satu hal lagi yang menjadi pertimbangan, yaitu prestasi Semen Padang. Klub itu tampil di AFC dan juara pada 2012,” ungkap CEO PT Jepara Raya Multitama (JRM) sekaligus General Manager Persijap Jepara, M Basalamah seperti dilansir SportSatu

Itulah pendapat kami tentang kenapa SP begitu diistimewakan PSSI. Namun yang paling penting dari 3 poin diatas adalah legalitas dan hak slot liga tertinggi Semen Padang.
Semen Padang FC 3362429420417373269

Beranda item