blogkombecks
Sedang memuat...

Semen Padang Balaskan Kekalahan Persibo atas Wakil Hong Kong

Semen Padang Balaskan Kekalahan Persibo. Kisah memalukan sekaligus memilukan terjadi di grup F AFC Cup 2013. Disana ada wakil dari Indonesia bernama Persibo Bojonegoro. Klub yang lolos ke AFC Cup karena menjuarai Piala Indonesia 2012.

Di final Piala Indonesia Persibo Bojonegoro begitu tangguh bagi Juara Indonesian Premier League Semen Padang. Persibo menang 1-0. Saat itu Persibo baik-baik saja.

Dengan berakhirnya musim 2012, Persibo mendapat tiket ke AFC bersama Semen Padang. Tak adanya wakil Indonesia yang memenuhi syarat LCA membuat Indonesia tanpa wakil musim ini dan hanya dapat 2 tiket lolos ke penyisihan grup AFC Cup.

Sejak awal sebelum AFC Cup dimulai Persibo mulai kesulitan keuangan. Sponsor utama mengundurkan diri. Sangat tidak mungkin tanpa dukungan dana Persibo bisa menyelesaikan AFC Cup.

Namun untuk menghidari denda lebih besar jika mundur, Persibo tetap memaksakan diri untuk menyelesaikan AFC Cup dengan segala keterbatasan yang ada.

Pada penyisihan grup F, Persibo harus kalah 0-3 dari Yangon United, 0-7 dari New Radiant, dan Bermain imbang 3-3 dengan Sun Hei.

Tanggal 9 April maka pecahlah rekor kekalahan terbesar di AFC Cup tahun ini. Persibo kalah 0-8 atas Sun Hei saat pertandingan berjalan 65 menit. Setelah itu pertandingan harus dihentikan karena Persibo hanya menyisakan 6 pemain dilapangan. Selebihnya mengalami cedera. Sementara pemain cadangan hanya 1 orang.

Sesuai regulasi FIFA, pertandingan resmi akan dihentikan jika sebuah klub menyisakan kurang dari 7 pemain yang berada di lapangan.

Apa yang terjadi pada Persibo memang membuat terhenyak publik sepakbola Indonesia. Ini semua terjadi akibat konflik PSSI yang tak kunjung usai.

Negara kecil dengan liga kecil kini berhasil mencoreng persepakbolaan Indonesia. Hong Kong mempermalukan Indonesia !

Namun beberapa jam setelah itu, muka Indonesia terselamatkan karena wakil Indonesia lainnya Semen Padang berhasil menggulung Kitchee SC dengan skor 3-1.

Secara finansial Kitchee adalah klub yang mapan. Kitchee pernah mengalahkan AC Milan 2-1 pada tahun 2004, Menahan imbang Juventus 2-2 untuk kemudian menang 5-3 dalam adu pinalti tahun 2005, dan terbaru tahun 2012 Kitchee sukses menahan Arsenal 2-2.

Kendati ada yang berpendapat itu wajar karena hanya uji coba dan klub besar hanya akan memainkan pemain lapis kedua namun tetap saja itu jauh diatas rata-rata klub Asia. Arsenal malah juga menurunkan Theo Walcott saa menghadapi Kitchee.

Barca-nya Hong Kong ini akhirnya yang menjadi korban pelampiasan wakil Indonesia Semen Padang. Selain memang ingin kemenangan untuk mengamankan kans di AFC Cup kemenangan wakil Indonesia atas wakil Hong Kong ini juga penyelamat gengsi sepakbola Indonesia atas Hong Kong.
AFC Cup 2013 9080610524351250370

Beranda item